Cara Mengatasi Android Yang lemot (Lelet)

Perkembangan teknologi saat ini memang sangat pesat, salah satu teknologi yang sangat di gandrumi oleh kalangan masyarakat dunia adalah gadget (Smartphone) atau sering di sebut Android.
Banyak sekali beragam macam Android yang bermunculan bahkan di indonesia pun banyak macam Android merek baru yang bermunculan dengan fitur dengan kelebihan masing masing yang di usung oleh Android tertentu.

Tapi melihat kelebihan yang di berikan oleh Android masih ada aja kendala yang bisa membuat si pengguna tidak merasa nyaman saat menggunakannya. Contoh saat kita lagi menggunakan Android kita pasti pernah merasakan booting RAM Android sangat lama (Lemmot), hang, loading yang lama dan sebagainya, tentu ini akan membuat kita terganggu apalagi kalo kita adalah pengguna Android yang aktif pasti kita akan merasakan kesal.

Baca Juga :Cara Update Google Playstore

Buat anda yang pernah merasakan hal tersebut tidak usah khawatir karena saya akan memberikan beberapa tips agar Android tidak lemot, walaupun tidak 100% setidaknya mengurangi lemot yang terjadi pada Android anda.

Tidak Menjalankan Aplikasi Di Saat Bersamaan

Ya benar kalo kita menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan maka akan mengurangi performa dari Android tersebut, maka sebaiknya jika anda ingin membuka aplikasi ada baiknya kalo menutup aplikasi yang lainnya dulu.

Memang sebagai pengguna Android banyak yang suka menjalankan Aplikasi dalam Android secara bersamaan dan tidak menyadari akibat dari yang di lakukannya.

Sebaiknya Menghapus Cahce Pada Memori Internal

Cahce adalah penyimpanan sementara yang ada pada Android, cahce akan terus bertambah pada Android seiring dengan seringnya kita menggunakan Android tersebut, dan tentu saja hal tersebut akan menguras banyak memori dan membuat perangkat Android menjadi lelet atau lemmot, untuk mengatasi hal tersebut ada baiknya anda memasang aplikasi pembersih yang sudah tersedia pada Google Playstore.

Menginstal Aplikasi Pada Memori Eksternal

Disaat kita menginstal aplikasi di perangkat Android maka secara otomatis aplikasi tersebut tersimpan pada memori internal, di saat kita menginstal banyak aplikasi hal ini akan memenuhi memori internal dan membuat perangkat Android menjadi lelet atau lemot, jadi untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya anda memindahkan aplikasi aplikasi tersebut pada memori eksternal sebagai tambahan pada setiap perangkat Android untuk meringankan beban pada Android.

Menutup Aplikasi Yang tidak Terpakai

Dalam sehari kita pasti akan membuka beberapa aplikasi yang ada pada gadget kita dan seringkali kita lupa untuk menutup aplikasi yang telah selesai di buka, tentu saja ha ini akan membuat gadget kita menjadi lelet dan lemot.
Karena di saat kita menjalankan aplikasi, aplikasi tersebut membutuhkan RAM untuk bisa berjalan, jadi sebaiknya jika kita sudah selesai membuka aplikasi sebaiknya menutup aplikasi tersebut.

Tidak Menggunakan Live Walpaper

Sebagian besar lengguna Smartphone menyukai live walpaper dan tentu saja sebagian besar yang menyukai hal ini adalah wanita, hal ini di lakukan karena di rasa akan mempercantik tampilan, memang benar akan mempercantik tampilan dan hal ini juga akan mengurangi kecepatan pada perangkat Android yang sedang di gunakan.

Jadi sebagai saran sebaiknya anda tidak menggunakan live walpaper, sebaiknya menggunakan walpaper yang sederhana saja agar tidak mengurangi kecepatan pada Android yang sedang kita gunakan.

Tidak Menumpuk Banyak Pesan

Tidak sedikit pengguna smartphone yang suka menyimpan pesan mereka entah itu pesan masuk atu pesan keluar, saya tidak mengerti apakah memang mereka suka mengkoleksi pesan pada smartphone mereka, semua pesan yang tersimpan pada smartphone tentu saja akan memakan memori telepon dan seperti biasa hal ini akan mengurangi performa kecepatan smarphone kita, jadi sebaiknya hapis pesan setiap hari jika memang ingin menyimpan pesan yang sebaiknya di salin pada memo.


Gunakan Micro SD (Kartu Memori)

Hampir semua smartphone menyediakan slot untuk Micro SD atau kartu memori, hal ini tentu saja untuk untuk membantu mengurangi beban RAM, karena kapasitas Micro SD yang lebih besar dari pada Memori Internal, jadi kalo bisa gunakan Micro SD yang berkapasitas besar kalo bisa sampai batas yang di sediakan pada smarphone anda

Menonaktifkan Aplikasi

Tidak hanya menutup aplikasi pada smartphone, menonaktifkan aplikasi juga saya rasa sangat penting untuk menjaga performa perangkat kita, pada smartphone pasti terdapat aplikasi bawaan yang tidam dapat di hapus dan kita tidak memerlukan aplikasi tersebut atau kita jarang membuka aplikasi tersebut, jadi ada baiknya jika menonaktifkan aplikasi yang tidak terpakai tersebut. Saya pun melakukan hal ini pada smartphone kesayangan saya hehehe.

Baca Juga : Cara Menonaktifkan Sementara Aplikasi Android

Itu saja sedikit ulasan yang bisa saya berikan pada artikel kali ini semoga membawa manfaat bagi kita semua

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Cara Mengatasi Android Yang lemot (Lelet) "

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan di atas