Cara Mengatasi Aplikasi Yang Sering Force Close Di Android

Apakah anda pernah di saat anda membuka aplikasi pada smartphone tiba tiba aplikasi tersebut keluar tiba tiba dengan sendirinya atau di sebut force close? Tentu saja hal ini sangat menganggu apalagi kalo aplikasi tersebut adalah game dan kita belum sempat menyimpannya pasti kita akan sangat kesal.
Setiap masalah pasti ada penyebabnya jadi sebelum anda mengatasi masalah force close pada aplikasi android anda alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu penyebabnya.

Berikut adalah kemungkinan masalah yang menyebabkan force close

1. RAM Android penuh

RAM memang menjadi salah satu alasan untuk masalah yang muncul pada Android. Bukan RAMnya yang menjadi masalah ya saya jelasin dulu maksud saya.

jadi begini kalo RAM sudah penuh di saat membuka aplikasi pada smartphone aplikasi tersebut terasa berat saat di jalankan, apalagi kalo RAM yang di usung terbilang kecil pasti akan sering mengalami yang namanya force close, bahkan ram yang tinggi pun pasti akan mengalami yang namanya force close yang di sebabkan oleh masalah lain.

2. Aplikasi beta atau masih dalan uji coba

Terdapat banyak aplikasi beta atau aplikasi uji coba yang di sebar luaskan di google. Jadi bisa jadi aplikasi yang mengalami force close pada android anda tersebut adalah aplikasi beta.

3. Aplikasi kurang kompetibel atau tidak cocok dengan sistem android anda

Terkadang ada aplikasi yang baru selesai di download di saat ingin membukanya langsung force close sebelum kita menjalankan, saya sendiri sering mengalamai hal ini, penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah aplikasi yang kurang kompetibel dengan sistem android kita.

Saya jelaskan sedikit dulu ya
Terdapat aplikasi yang di khususkan untuk sistem android tertentu, misalnya smartphone anda sistem androidnya masih KITKAT tetapai aplikasi yang anda download tersebut di khususkan untuk sistem android LOLLIPOP ya sudaj pasti aplikasi tersebut akan mengalami force close bahkan sebelum menjalankannya.

4. File cahce yang menumpuk

Setiap aplikasi mempunyai file cahce, jika file cahce tersebut tidak pernah di hapus akan menyebabkan aplikasi berat dan sering mengalami forc close atau keluar sendiri secara tiba tiba.

5. Koneksi internet yang kurang stabil

Terdapat beberapa aplikasi yang membutuhkan akses data internet, apabila data internet yang di gunakan tidak stabil maka akan ada kemungkinan menyebabkan aplikasi yang di jalan tersebut akan mengalami force close.

Cara mengatasi force close aplikasi android 

1. Hentikan aplikasi yang tidak terlalu penting dan tidak di gunakan

Seperti halnya penyebab aplikasi yang kadang di timbulkan oleh RAM yang penuh maka sebaiknya anda hentikan aplikasi yang tidak di gunakan untuk melegakan RAM pada android anda.

2. Hapus file cahce aplikasi anda

Saya sarankan anda rajin rajin lah menghapus file cahce aplikasi pada android anda, terdapat banyak sekali aplikai pebersih cahce aplikasi yang sudah tersedia di google playstore: clen master, 360 security, CC cleaner, dan aplikasi sejenis lainnya, silahkan anda gunakan yang menurut anda cocok untuk anda gunakan.

3. Pastikan koneksi internet stabil

Jika anda menggunakan aplikasi yang membutuhkan akses data internet pastikan dahulu koneksi internetnya stabil, jadi jika koneksi internetnya stabil mudah mudahan aplikasinya tidak mengalami yang namanya force close

4. Melakukan reboot atau restart ulang android anda

Saya sendiri melakukan hal ini hampir setiap hari saya melakukannya, karena menurut saya ya, ingat menurut saya jika kita merestart android kita maka android akan segar kembali.

5. Lakukan update pada aplikasi yang sering mengalami force close

Berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami jika aplikasi sering force close aplikasi tersebut minta update, anda bisa meng updatenya langsung di google playstore pada smartphone anda.


Itulah sedikit paparan tentang cara mengatasi aplikasi yang sering force close di android
Saya berbagi berdasarkan pengalaman mohon share jika bermanfaat
Terimakasih semoga membawa manfaat bagi kita semu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Cara Mengatasi Aplikasi Yang Sering Force Close Di Android "

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan di atas